Rabu, 09 September 2009

SUKSES KULIAH ITU MULIA

oleh: SARIADI

Dengan semangat nyata dan berimbang untuk bisa menyelesaikan Kuliah dengan hasil maksimal kita sambut lagi perkuliahan hari ini. Begitu banyaknya mata kuliah yang sedang kita hadapi adalah sebuah tantangan yang harus menantang bagi kita. Paling tidak, untuk bisa mendewasakan kita dalam segala hal.

Calon guru, ya itulah sebutan bagi kita sekarang. Tidak bisa terlepas dari identitas yang akan kita raih nantinya. Bijaknya anda nanti menajadi seorang guru akan sedikit anda ukir mulai hari ini, mulai dari cara anda berbicara dan menyampaikan ilmu dengan sebuah kesantunan.Kuliah dengan memaknai artinya bahwa sedang melatih jiwa raga agar bisa sedikit berarti bagi pribadi lainnya kelak.

Sukses kuliah itu mulia dan dimulai. Dimulai dari ketulusan anda dalam menjalani proses perkuliahan itu. Aspek kognitif,afektif dan psikomotor anda haruslah semakin terasah dengan proses yang stabil dan berkembang. Anda adalah mesin pencetak masa depan. Alam dan Masyarakat akan anda jalani dan ajarkan kepada mereka anak didik anda.

Ketika kembali lagi ke tujuan awal berkuliah, sudah dapat kita bayangkan betapa banyaknya motivasi kita dahulu.Mungkin karena ingin merubah status, bahagiakan orang tua, sekedar tidak ingin menganggur atau lain sebagainya. Stop. berhenti dari pemikiran anda yang mungkin sudah melenceng dari tujuan mulia bangsa ini dalam memfasilitasi anda. Berhenti dengan penggunaan nikmat Tuhan untuk pemikiran yang kurang baik. Anda adalah calon guru. Sekali lagi "Anda adalah calon guru". Berikan hati yang ikhlas untuk menjalani setiap waktunya. Jangan anda mengeluh kepada tugas anda hari ini, jika anda tidak ingin mendengar keluhan dari anak didik anda nanti. Hadapi, hadapi, hadapi.

Ketika anda merasa sedang tertidur di proses perkuliahan ini, bangunlah.
Ketika anda merasa kehilangan ruh saat mendengar kebaikan, minta ampunlah.
Sekali lagi, anda adalah calon guru Bangsa ini.
Tunjukkan etikat baik anda selama masa perkuliahan ini.

Buktikan bahwa kesuksesan kuliah anda esok ini bisa anda tunjukkan hari ini.
Tidak ada manusia yang bodoh, ketika anda masih mau dan mau untuk terus belajar.
Jalanilah dengan harapan bahwa anda adalah salah satu dari beribu orang yang akan berhasil dalam dunia perkuliahan dan mulia dalam memuliakan sesama anda.

Tetap semangat wahai saudaraku.
Salam hangat civitas akademika Universitas Negeri Medan.
Majulah Bangsaku.

Dari saya

SARIADI

PGSD UNIMED 2008

AKU TIDAK AKAN SEBAIK HARI INI BILA SALAH DALAM MERENCANAKAN KEBAIAKANKU

Tidak ada komentar: