Selasa, 25 Agustus 2009

BOLA SEMESTER 3 TELAH BERGULIR




Yakin semangat di semester 2 lalu tidak akan "usang" kini kita telah jalani awal baru di semester 3. Mungkin ada yang merasa begitu cepat. juga mungkin ada yang merasa terlalu lama lagi untuk tiga tahun mendatang. Tapi itu semua tergantung dari hati kita masing masing.

Terbesit di pemikiran penulis kali ini, tentang bagaimana menyikapi awal semester dengan cara cara yang baik agar hasilnya akan baik. Bak petani, dengan harapan ketika ia semakin rajin merawat kebunnya , maka hasil panen yang bagus yang di damba dambakan akan ia dapatkan. Tapi kalau kita pakai hukum sebab akibat, maka itu akan terjadi. Karena disebabkan semakin rajinnya kita belajar, maka mahu tidak mahu kita akan semakin pintar. Itu hukum alam.

Untuk itu, pribadi penulis akan mencoba menguraikan beberapa tips dalam menjalani semester 3 ini dari awal hingga akhir dengan hasil yang memuaskan.



1.MEMAKNAI KEMBALI ARTI BELAJAR DALAM DIRI
Belajar, dalam keseharian tidak pernah kita sadari bahwa yang kita lakukan adalah proses dari belajar itu sendiri.Sebenarnya, ketika ada perubahan sikap dan tingkah laku seseorang maka orang itu dapat dikatakan mendapatkan hasil dari proses belajarnya. Tidak perduli, baik belajarnya secara formal maupun non formal. Sebagai contoh, anak kecil yang mulai bisa berbicara dikarenakan waktu yang cukup lama disekitar lingkungannya memaksa ia harus berbicara. Hal ini di pengaruhi orang orang yang di sekitarnya mengajaknya berbicara. Kembali lagi ke pokok awal, Kita harus tahu betul apa niat kita di semester 3 ini dalam proses belajarnya pada diri kita.

2.PERIKSA ULANG KESIAPAN BELAJAR ANDA
Yang penulis maksudkan dalam tips kedua ini adalah segala sesuatu yang mendukung proses belajar anda harus dalam kondisi ok dan siap kerja. Penulis contohkan itu baik berupa kesehatan juga berupa benda benda yang berhubungan dengan yang anda gunakan dan pelajari dalam proses belajar.Contoh konkritnya, buku pelajaran yang baik, alat tulis yang lengkap dan sebagainya.Ini kalau di Medan Perang, selain tahu strategi perang ya juga harus punya senjata. Hm..........

3. TANYA YANG TIDAK TAHU DAN UNGKAPKAN YANG ANDA TAHU
Kalau kita memang sudah pintar (tapi penulis rasa gak ada lah yang berani terang terangan bilang dirinya pintar) kita juga harus bijak. Orang bijak itu bisa menempatkan posisi dan keadaan suatu masalah.Singkatnya kalau belajar di ruang kelas itu, ketika kita sadar kita tidak tahu tentang materi kuliah ya kita harus berani bertanya. Begitu juga ketika dalam posisi sebaliknya ketika anda tahu, beritahukan pada yang lain.

4. JALANI DENGAN KONSISTEN, KOMPETEN DAN PATEN
Konsisten itu gak hangat hangat kotoran ayam
Kompeten itu gak asal asalan, dengan kata lain harus bermutu tinggi
Paten itu ya hasilnya jika anda bisa lakukan kedua hal diatas.

Sampai disini dulu beberapa tips dari penulis,
mudah mudahan bermanfaat bagi pribadi penulis sendiri
Salam Hangat Keluarga Besar FIP UNIMED

"SEMANGAT BELAJAR ANDA HARI INI TIDAK AKAN BISA TERGANTIKAN DENGAN BANYAKYA JUMBLAH NOMINAL"

Tidak ada komentar: